Berikut Tips Memotret menggunakan DSLR Untuk Hasilkan Bidikan yang Maksimal

GFGPHOTOGRAPHY.COM – Kegiatan memotret di malam hari memang dapat dikatakan gampang-gampang susah, terlebih mengambilnya menggunakan kamera DSLR. Kalau kalian nggak faham banget bisa saja hasilnya akan kurang memuaskan dan terlihat buram. Terkait hal itu, sebenarnya ada tips dan trik untuk membantu kalian bisa lebih mudah untuk memotret di malam hari dengan DSLR.

Bagi kalian yang masih pemula, kalian akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal sekalipun berada dalam kondisi minim cahaya. Ingin tahu? Simak nih Berikut Tips Menggunakan DSLR untuk Memotret Foto Malam Hari.

  • Atur Angka Aperture Ke Yang Paling Tajam

Agar pemotretan sukses di malam hari, maka kalian bisa atur aperture. Untuk menghindari noise atau blur, setidaknya kalian harus mengatur diafragma pada dua jarak stop dari bukaan aperture terlebar. Seperti contoh, jika aperture kamera f/2.8 maka atur diafragma tertajam pada angka f/5.6 dan f/8.

  • Sesuaikan Setting White Balance Pada Kamera

Jika bidikan kalian berupa perkotaan dengan gemerlap lampu, maka aturlah White Balance. Usahakan untuk menyesuaikan setting White Balance pada rentang angka 3000 hingga 7000k saja, jadi hasil bidikan kalian akan terlihat indah.

  • Jangan Naikkan Level ISO Kamera

Saat memotret di malam hari, usahakan tidak menaikkan level ISO kamera. Tempatkan setting ISO di titik terendah yang dimiliki kamera DSLR. Dengan menaikkan level ISO, maka kalian juga menaikkan noise dan mengurangi ketajaman dari objek yang akan dipotret.

  • Gunakan Focal Length Pendek

Usahakan menggunakan lensa zoom dengan focal length yang pendek, karena jika focal length yang panjang akan berpotensi memunculkan blur karena getaran yang dihasilkan saat memotret. Namun, dengan kalian mengubah focal length juga akan mengubah komposisi, jadi kalian bisa mencobanya ulang untuk mendapatkan komposisi terbaik.

  • Kurangi Efek Flare, dan Gunakan Lensa Wide Angle

Jika kalian mengambil gambar di malam hari biasanya akan muncul efek flare, terlebih jika objek tersebut dekat dengan sumber cahaya. Nah, untuk itu kurangi efek flare dengan menggunakan lensa wide angle. Sehingga kalian akan mendapatkan sudut pandang yang lebih lebar dan memiliki Depth of Field yang lebar untuk memperlihatkan objek secara jelas dan terang.

  • Perhatikan Komposisi Objek Yang Akan Difoto

Saat mengambil gambar di malam hari, perlu memperhatikan komposisi dari objek yang akan dibidik. Perhatikan secara detail area mana saja yang memiliki cahaya berlebih atau kurang.

  • Gunakan Format RAW

Untuk menghasilkan jepretan terbaik, sebaiknya gunakan format RAW saat memotret. Format ini sendiri bisa diutak-atik, mulai pengaturan white balance, brightness dan contrast tanpa menurunkan kualitas.

Nah, itulah beberapa tips menggunakan kamera DSLR yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah saat akan memotret di malam hari agar menghasilkan bidikan yang maksimal. Selamat Mencoba!

#GFGPHOTOGRAPHYBREBES
#GFGPHOTOGRAPHYKETANGGUNGAN
#GFGPHOTOGRAPHYKUNINGAN
#FOTOGRAFERINDONESIA
#GFGPHOTOGRAPHYINDONESIA

Baca Juga : Biar Tambah Kece! Begini Cara Mengubah Background Foto Menggunakan PicsArt Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here